Minggu, 25 Desember 2011


Global Warming

            Global warming atau pemanasan global adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan bumi. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPPC) menyimpulkan bahwa sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya gas-gas rumah kaca akibat dari aktivitas manusia. Matahari merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh bumi. Permukaan bumi akan menyerap sebagian panas dan memantulkan kembali sisanya. Namun sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer bumi akibat menumpuknya jumlah gas antara lain uap air, karbon dioksida, sulfur dioksida, dan metana yang menjadi perangkap gelombang radiasi atau panas matahari ini. Apabila panas yang berasal dari matahari tidak dapat dipantulkan oleh bumi akibat terperangkap di atmosfer, maka panas tersebut akan mempengaruhi bumi. Apabila panas tersebut sudah terlalu lama, maka akan bisa mengakibatkan melelehnya es yang ada di kutub.
Akibatnya jumlah air laut akan meningkat. Hal ini juga akan berakibat pada meningkatny volume air yang ada. Apabila terus menerus terjadi maka akan terjadi banjir. Selain itu, dengan adanya pemanasan global ini akan mengakibatkan cuaca tidak menentu. Keadaan cuaca yang ada di bumi akan mengalami gangguan. Cuaca yang tidak stabil juga akan berdampak pada hasil pertanian yang ada. Pertanian pastinya bergantung dengan cuaca yang ada. Musim tanam juga disesuaikan dengan cuaca yang ada. Jika cuaca tidak stabil, maka bisa dipastikan hasil pertanian juga akan mengalami penurunan. Selain berdampak pada pertanian, pemanasan global juga akan berdampak pada kesehatan manusia. Dengan adanya pemanasan global, banyak penyakit-penyakit yang muncul, seperti penyakit kulit akibat radiasi yang dipancarkan oleh matahari itu berlebihan. 
Sedangkan untuk di laut, pemanasan global akan berdampak pada musnahnya terumbu karang, ikan-ikan juga akan mati akibat suhu yang ada di laut semakin panas. Hewan-hewan dan tumbuh-tumbuhan lama kelamaan juga akan berkurang, jenis-jenisnya akan menyusut akibat dari kurangnya lahan untuk tempat tinggal mereka, kurangnya bahan makanan yang ada, perubahan musim yang cepat dan tidak menentu, dan siklus kehidupan yang tidak stabil. Efek dari pemanasan global pada saat ini sudah sangat kita rasakan. Seperti yang diuraikan di atas, sekarang di Indonesia sendiri, sudah banyak kasus bencana alam yang diakibatkan oleh pemanasan global ini. Cuaca yang tidak menentu mengakibatkan terkadang hujan, tapi terkadang juga kemarau yang sangat panjang yang memaksa masyarakat bertahan hidup dengan kekurangan air. Dan sekali turun hujan, akan membawa dampak yang buruk yaitu banjir yang terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Kesadaran masyarakat saat ini kurang dalam hal menjaga lingkungan. Banyak dijumpai sungai-sungai yang seharusnya bersih, tapi dikotori dengan sampah-sampah yang dibuang sembarangan oleh masyarakat. Selain itu, dengan banyaknya parusahaan-perusahaan yang membuang limbah tidak pada tempat yang semestinya, tidak memperhatikan AMDAL dalam mendirikan perusahaan yang mana pabrik-pabrik juga merupakan penyumbang karbon dioksida yang tidak sedikit. Penggunaan kendaran yang tidak ramah lingkungan juga sangat tinggi dalam menyumbangkan karbon dioksida. Dan hal kecil yang mungkin tidak kita sadari adalah menggunaan parfum yang kita pakai sehari-hari juga pendukung terjadinya pemanasan global.
Pemanasan global terjadi dikarenakan oleh aktivitas manusia dan berdampak pada manusia itu sendiri dan juga lingkungan yang ada. Oleh karena itu, mari kita sebagai manusia harus sadaar dan peduli dengan kelangsungan bumi ini. Bumi ini sudah tua dan perlu kesadaran yang tinggi dari kita sebagai makhluk yang tinggal di bumi. Mulailah dari hal yang kecil, hal yang ada di sekitar kita seperti membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan barang-barang yang tidak ramah lingkungan, menjaga kelestarian hutan, dan lingkungan, memberikan penyuluhan-penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat bahwa perlunya kita untuk selalu menjaga lingkungan kita. Memberikan pendidikan dan pengetahuan yang luas kepada anak-anak kita, adik-adik kita agar selalu peduli dan menjaga kelestarian alam, tidak serakah dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Memanfaatkan dan mengolah sumber daya alam itu baik, sepanjang kita tetap memperhatikan kesejahteraan lingkungan. Ada take and give kita dan lingkungan. Sehingga harapannya kedepan generasi kita masih bisa menikmati kehidupan yang selaras dengan alam.
By MC Umam

1 komentar:

  1. STOP GLOBAL WARMING,!!!
    ATAU GLOBAL WARMING YANG AKAN MENYETOP KITA,..!!!

    BalasHapus